Cara Membuat Blog / Website (gratis)

print this page
send email
www.ariecyberedan.netCara Membuat Blog / Website (gratis) – Blog yang merupakan singkatan dari web log, merupakan aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan yang biasa di sebut dengan postingan. Tidak heran dan bukan barang yang baru lagi bahkan mungkin hampir semua orang yang mengenal dunia internet tentunya sudah mengenal Blog, apalagi untuk kalangan menengah ke atas pastinya.

Tetapi juga ada sebagian orang walaupun mengenal internet tidak semuanya yang mempunyai blog, nah dari sini saya mencoba posting bagaimana Cara Membuat Blog / Website (gratis) tentunya, walaupun punya mungkin hanya 1 (satu) kali membuat blog, biar saya tidak lupa dengan bagaimana cara membuat blog mencoba untuk mencatat kembali ke dalam bentuk postingan ini.

Ada Beberapa layanan yang menyediakan pembuatan blog gratis, yang paling umum dan sering digunakan yaitu Blogger dan Wordpress, dimana untuk membuat Blog syarat mutlak yang harus di penuhi adalah mempunyai Email. Kemudian dengan Email tersebut kita bisa mempunyai Blog. 

Cara Membuat Blog di Blogspot – Blogger

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang diakusisi oleh Google pada tahun 2003 dan dibuat oleh Pyra Labs, secara umum, blog yang di host oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com jadi ketika mendaftar atau membuat blog dengan Blogger maka alamat blog biasanya dengan format www.namaanda.blogspot.com nah sebagai pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri misalnya dengan www.namaanda.com dengan fitur Custom URL untuk mendaftarnya cukup,

  1. Login www.blogger.com
  2. Sign Up - Membuat Account dimana pada langkah ini di hadapkan pada isian email, password, tampilan nama, tanggal lahir dan setelah yakin semua di isi tinggal mengikuti langkah selanjutnya.
  3. Membuat Nama Blog dan
  4. Memilih Template
  5. Selesai 
 

Cara Membuat Blog di Wordpress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (Open Source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin Blog (Blog Engine). WordPress dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. PHP dan MySQL keduanya adalah Open Source Software. Selain sebagai Blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.

  1. Login www.wordpress.com
  2. Sign Up – akan diminta untu mengisikan nama blog yang ingin digunakan untul alamat web blog anda, username, password dan email
  3. Create Blog
  4. Selesai

Cara Membuat Blog / Website (gratis) – Blog biasanya sering digunakan untuk menuliskan sesuatu, mempromosikan produk, seperti tutorial, tips-trik, diary online (buat yang suka menuliskan diary), menuliskan hal-hal penting yang sewaktu-waktu ketika lupa atau ingin membacanya bisa membuka tinggal membuka alamat website yang di buat tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Sekedar iseng menyempatkan diri menulis artikel, sekedar ingin berbagi dengan content yang sangat sederhana, senang sekali rasanya bila webblog www.ariecyberedan.net ini bisa bermanfaat buat semua, terimakasih meluangkan waktu untuk berkomentar, tidak nge-Junk atau Spam saya rasa lebih baik..:) --regards, Blogger Indonesia...